Acara Maulid Nabi Muhammad S.A.W Di Masjid Nurul Doktrin Desa Rimbo Makmur


Star Photography Digital-Assalamualaikum wr. wb, Desa Rimbo Makmur, 30 Desember 2017, Dalam Rangka Menyambut Peringatan Maulid  Nabi Muhmmad  S.A.W.  yang di adakan di halaman Masjid Nurul Iman Desa Rimbo Makmur, dalam acra Maulid Nabi kali ini mengangkat Tema “Memetik Ketauladan Nabi Muhammad S.A.W

Semoga program yang digelar oleh Remaja Masjid Nurul Iman ini sanggup berjalan lancer hingga selesai program nanti, walaupun sempat diguyur hujan diawal acara, namun tidak menyurutkan semangat dalam meramaikan program Maulid Nabi Muhammad S.A.W ini, dan Acara Maulid Nabi kali ini yakni program yang paling besar yang pernah diadakan oleh Remaja Masjid Nuru Iman Desa Rimbo Makmur, Acara ini terealisasi berkat pertolongan serta antusiasme dari Masyarakat Desa Rimbo Makmur dalam mensukseskan program Maulid Nabi Muhammad S.A.W ini, adapun program ini dihadiri oleh sekitar 400 hadirin yang berasal dari desa rimbo makmur dan sekitarnya.

Qiroah Nasional H.Muhammad Rifai

Qiroah yang mengawali Acara dipagi ini dibawakan oleh H.Muhammad Rifai, dia yakni salah satu Qiroah Nasional yang Berasal dari Sumber Makmur  Kabupaten Kampar, Riau,

Sealain itu program ini juga dimeriahkan oleh Hadroh Hubbu Toha yang berasala dari Flamboyan.

Hadroh Hubbu Toha

Dan Penceramah dalam program ini dibawakan oleh Hj.Siti Bahriyah yang didatangkan dari Muaro Jambi, Beliau yakni Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Iman 1 Muaro Jambi.

Hj.Siti Bahriyah Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Iman 1 Muaro Jambi.

Adapun dakwah yang dibawakan yakni biar kita senantiasa menjaga Persatuan dan Kesatuan.

Dan dia mengajak masyarakat Desa Rimbo Makmur dan seluruh umat islam biar senantiasa tetap melaksanakan Ibadah Shalat berjamah di Masjid. Karena Shalat Berjamaah ini faidahnya dalam kehidupan duania dan alam abadi sangat besar. Adapun beberapa keuntungannya yakni ;

1. Pahala melangkahkan kaki ke masjid
Seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Tuhan SWT.
(Ibnu Majah:277,Muslim:1068 dan 1065).

2. Pahala menunggu waktu shalat
Diantara kita ada yang tergesa gesa menuju masjid saat  adzan biar sanggup cepet sampai. padahal pahalayang sangat besar sanggup kita dapatkan dengan cara menunngu sahalat tiba dan sudah berada di dalam masjid. Makara sebaiknya gunakan waktu menunggu shalat untuk berdzikir.
Seseorang  yang berada di dalam masjid untuk menunggu sholat waktu sholat tiba maka ia akan diberi pahala ibarat sedang sholat (HR.Bukhari:611)

3. Di do’akan para Malaikat
Seseorang yang menanti waktu sahalat, berawal  dari masuk mesjid hingga waktu shalat, maka dia akan didoakan oleh malaikat dengan doa : “Ya Tuhan Ampunila dia, Ya Tuhan ampunilah dia”, tanpa henti hingga waktu shalat. Subhanallah!

4. Mendapat naungan ketika kiamat
Ada tujuh golongan yang kelak akan di naungi .salah satunya yakni orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Sosok pemuda  yang hatinya bersahabat dan merasa nyaman dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat proteksi dari Tuhan ketika hari selesai zaman nanti. (Al-Bukhor:620)

5. Doa malaikat ketika di shaf terdepan
Sesungguhnya para Malaikat memperlihatkan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Hibban no.2157)
Menanggapi sabda Beliau, para sobat bertanya, “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah? ”
Kemudian Rasulullah berkata, “Juga kepada orang-orang yang berada dishaf kedua.”
(HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

6. Subuh dan 119 pahala
Pahala sholat subuh dengan berjamaah itu sangatlah besar, dan apabila seseorang  melaksanakan nya secara berjamaah, maka ia akan mendapat pahala  sebanya 119 kali dibanding shalat sendiri. (Muslim:1049).

7. Isya dan 59 pahala
Hamba Allah  yang mendirikan shalat isya secara berjamaah, maka dia akan mendapat pahala 59 kali lipat. (HR.Muslim:1038)

8. Dzuhur, Ashar, Magrib dan 27 pahala
seseorang ynang mendirikan shalat dzuhur dengan berjamaah, ashardengan berjamaah, dan magrib dengan berjamaah, maka masing-masing pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah (HR.Muslim:1038)

9. Pahala ketika sakit
Saat kita dalam keadaan sakit dan tidak sanggup ke masjid (setiap hari udah ke masjid). dan ketika itu kita hanya sanggup melaksanakan shalat di rumah, maka kita akan mendapat pahala yang sama ibarat waktu shalat di masjid. (Abu Daud:2687)

10. Terhindar dari sifat munafiq
Sholat pada waktu subuh dan isya akan berat di rasakan oleh orang yang munafik. andaikan saja mereka mengetahui nilai pahala dan kebaikan yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka akan mendatangi (masjid tempat) dan melaksanakan kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.
(Al-Bukhori:617)

11. Menjadi alasannya diampuni dosanya oleh Allah. Rasulullah bersabda :
Apabila Imam mengucapkan Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin maka jawablah dengan ucapkan amin, lantaran sebetulnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
Dalam hadits lain Nabi bersabda :
“Barangsiapa yang berwudhu untuk sholat dan menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan untuk menunaikan sholat, dan ia sholat bersama insan atau berjama’ah atau di dalam masjid, maka Tuhan akan mengampuni dosa-dosanya.”

12. Mengembangkan disiplin dan berakhlak mulia.
Salah satu manfaat Sholat berjama’ah yakni mengajarkan kedisiplinan seorang, makmun senantiasa akan mengikuti gerakan imam dan berada di belakang imam. ini akan melatih diri kita untuk terbiasa disiplinan dalam kehidupan seseorang, menghilangkan ego, perbedaan dan dengan penuh kerendahan hati patuh dan taat pada pimpinannya, yaitu imam.”

13. Tumbuhnya persaudaraan, kasih sayang dan persamaan.
Jika Sholat lima waktu ini kita laksanakan setiap hari, maka akan tumbuh kasih sayang dan rasa sosial yang tinggi diantara sesama muslim. dan jikalau pada suatu hari sobat kita yang sering kita lihat selalu sholat berjamaah dan di ketika yang lain kita tidak menjumpainya hadir di masjid, maka kita akan bertanya-tanya, ada apa atau mengapa ia tidak berjama’ah? jikalau kita mendapati bahwa dia sedang sakit, maka kita akan bergegas menjenguk dan mendo’akannya biar lekas sembuh.
Itulah, Ternyata sungguh berbagai manfaat dari mendirikan shalat berjamaah di masjid, mudah-mudahan para kaum lelaki sanggup senantiasa istqamah untuk shalat berjamaah di masjid. Aamiin Allahumma Aamiin.

Berikut Cuplikan foto-foto dalam program tersebut:









Demikian semoga dakwah-dakwah yang disampaikan diacara ini menyebabkan kita semua menjadi insan yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya Amin Wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini